Dosen: Amril Muhammad
Tanggal: Selasa, 18 maret 2014
Tempat: gedung IDB, lantai 6 ruang 605
Pada pertemuan ke-7 ini melanjutkan materi minggu sebelumnya yaitu, Marketing Mix (bagian 2).
People
People adalah semua orang yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk serta memberikan pelayanan produk kepada konsumen. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu produk juga memiliki penilaian dimata konsumen.
People ialah:
- Employees, yaitu karyawan yang ada didalam organisasi.
- Management, yaitu pihak manajemen yang mengatur kegiatan organisasi.
- Culture, yaitu budaya yang dibangun oleh SDM di dalam organisasi.
- Customer, yaitu konsumen.
SDM di dalam bisnis:
- Menjadi sebuah "image" atau gambar yang penting didalam kegiatan bisnis.
- Menjadi kontak pertama pada konsumen, seperti apakah image yang diberikan SDM perusahaan kepada konsumennya?
- Meningkatkan latihan dan pengetahuan merupakan fokus mereka mengenai produk atau pemasaran layanan.
- Statement visi dalam melayani yang lebih baik, misalnya menyediakan kebutuhan para pelanggan.
- SDM mewakili budaya yang ada di dalam bisnis.
Process
Process sangat relevan dengan pelayanan jasa industri. proses adalah serangkaian tindakan yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Suatu proses bisa berisi tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen. Proses merupakan bagaimana sebuah pelayanan dapat di konsumsi atau diberikan kepada konsumen, seperti pelayanan yang cepat, mudah dan ramah memberikan nilai lebih konsumen terhadap suatu produk.
Proses, berkaitan dengan:
- Bagaimana cara SDM di dalam bisnis menyiapkan pelayanan kepada konsumennya?
- Proses apa yang memungkinkan konsumen dapat terlibat di dalam pelayanan? (contoh: restaurant yang menyediakan pelayanan prasmanan, sehingga secara langsung konsumen terlibat di dalam pelayanan tersebut)
- Dimana konsumen dapat menemukan ketersediaan pelayanaan?
- Contact person, kontak yang diberikan kepada konsumen untuk memudahkan konsumen mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan, contoh pemesanan booking sebuah restaurant dapat ditanyakan melalui sebuah telepon.
- Reminder, pengingat. contoh: operator yang mengingatkan masa aktif pulsa para konsumennya pada handphone.
- Registration, pendaftaraan. contoh: pendaftaran online atau melalui telepon
- Subscription, langganan. contoh: mendapatkan email langganan suatu produk.
- Form filling, pengisian formulir secara offline maupun online.
- Degree of technology, tingkatan suatu teknologi yang biasanya dilakukan oleh bisnis profit tinggi.
Physical Environment
Physical Environment yaitu suatu lingkungan fisik yang dapat menggambarkan pelayanan kepada konsumen. bisa berupa suasana fisik maupun hati, ataupun penampilan secara fisik yang ditampilkan oleh lingkungan.
Physical Environment, yaitu:
- Smart / Shabby, yang dimaksud dalam konteks ini adalah gaya bicara yang dilakukan.
- Trendy / Retro (misal gaya klasik atau vintage) / Modern / Old fashioned.
- Light / Dark / Bright / Subdued (contoh: yang terkesan lembut misal warna pastel)
- Romantic / Chic / Loud
- Clean / Dirty / Unkempt / Neat
- Music
- Smell
Power
Power biasanya digunakan di industri besar, memainkan kekuasaan untuk meningkatkan industri tersebut. contoh perusahaan freeport dimana presiden Barrack Obama menggunakan kekuasaannya untuk turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di perusahaan tersebut.
Kesimpulan dari Marketing Mix
Pencampuran bebauran tergantung juga pada (blend of the mix) :
- Marketing objectives, objek yang dilihat bukan lagi mendapatkan keuntungan tetapi untuk kepentingan keseluruhan. contoh: objek kepada kepentingan sebuah partai
- Type of product, tipe produk tergantung pada sasaran pasar. contoh: produk kecantikan, maka dilihat sasarannya untuk teens or adult, icon tokoh yang digunakan untuk promosi produk, misal penyanyi Anggun yang menjadi ambassador produk sampo pantene
- Target market, siapa yang menjadi target produk, maka sering kita lihat apabila target pemasarannya adalah kaum adam, maka kaum hawa yang dikedepankan untuk promosi pelayanan produk. contoh: SPG rokok
- Market structure, yaitu struktur dalam pemasaran
- Rivals behaviour, pemasaran yang dilakukan dengan melihat prilaku pemasaran para pesaing, contoh: restauran yang mengadakan program paket ulang tahun ataupun breakfast time, maka banyak restauran lain yang juga mengadakan program yang sama untuk meningkatkan daya saing.
- Global issues, culture / religion, etc. contoh: karena mayoritas orang Indonesia beragama Islam, maka perusahaan asing yang menjual produknya menggunakan bahan-bahan yang halal. misalnya burger yang dijual dipasaran menggunakan beef or fish bukan pork or ham.
- Posisi pemasaran, apakah produk yang dijual menjadi leader atau bukan
- Product portfolio, produk yang dijual dipasaran merupakan produk lifecycle dan boston martix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar