5 keputusan utama dalam mempertimbangkan (lima "M") yaitu:
- Misi, yaitu tujuan penjualan dan tujuan iklan
- Money, faktor-faktor yang dipertimbangkan:
- Tahap-tahap dalam PLC
- Pangsa pasar dan basis konsumen
- Persaingan dan kerumunan
- Frekuensi iklan
- Kemampuan penggantian produk
- Message (pesan)
- Pembentukkan pesan
- Proses evaluasi pesan
- Pelaksanaan pesan
- Review tanggung jawab sosial
- Media, ada dua media yaitu TV lokal dan TV nasional
- Jangkauan, ferekuensi, dampak
- Jenis media utama
- Sarana media khusus
- Penetapan waktu media
- Alokasi media geografis
- Measurement (pengukuran), dilakukan sebagai penilaian apakah dengan adanya promosi jumlah konsumen bertambah atau tidak.
- Dampak Komunikasi
- Dampak Penjualan
Mengembangkan dan Mengelola Program Iklan
Yakni tugas komunikasi khusus dan tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemias tertentu dalam jangka waktu tertentu. Tujuan iklan antara lain :
- Iklan Informatif
- Iklan Persuasif
- Iklan Pengingat
- Iklan Penguat
b. Memutuskan anggaran iklan,
yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anggaran
c. Mengembangkan kampanye iklan
1. Pembentukan dan evaluasi pesan, pengiklanan selalu mencari “ide hebat” yang:
- Menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional
- Membedakan merk dari pesaing dengan tajam
- Cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media. Pasar dan periode waktu.
2. Pengembangan kreatif dan pelaksanaan :
- Iklan televisi, dikenal media sebagai media paling kuat dan menjangkau spektrum konsumen yang luas.
- Iklan media cetak, dapat memberikan informasi yang rinci dan mengkomunikasikan dengan efektif.
- Iklan radio, memiliki fleksibilitas yang tinggi.
3. Masalah hukum dan social
- Pengiklanan tidak boleh membuat pernyataan yang salah
- Pengiklanan tidak boleh membuat iklan yang mempunyai kapasitas menipu
- Pengiklanan tidak boleh menyerang masyarakat umum, dan kelompok etni, ras dan etnik tertentu
4. Memutuskan media dan mengakui efektivitas
Pemilihan media adalah proses meneukan media yang paling efektif biaya untuk menghantarkan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan kepada pemirsa.
Jumlah paparan terkait:
- Jangkauan
- Frekuensi
- Dampak
- Total jumlah paparan
- Jumlah paparan tertimbang (weight numbers of exposures)
5. Memilih jenis media utama
- Variabel yang diperhatikan antara lain
- Kebiasaan permirsa media sasaran
- Karateristik produk
- Karakteristik pesan
- Biaya
Alternatif Opsi Iklan,
1. Iklan tempat, mencakup:
a. Papan iklan
b. Ruang publik
(pesawat terbang, arena olahraga, dalam lift kantor dan hotel, dll)
2. Penempatan produk,
yaitu dalam film atau acara TV atau dalam bentuk adventorial
3. Titik Pembelian,
yaitu iklan dalam foto (Seperti di kereta belanja, lorong dan rak)
Memilih Sarana Media Khusus yaitu beberapa kemungkinan ukuran pemirsa yang harus diketahui dalam proses pemilihan:
- Sirkulasi
- Pemirsa
- Pemirsa efektif
6. Menetukan Penentuan waktu dan alokasi media
Klasifikasi pola penentuan waktu iklan:
- Kontinuitas : paparan muncul serta konsisten sepanjang periode tertentu
- Konsentrasi : memerlukan pembelanjaan semua uang iklan dalam satu periode
- Bersedia : memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua
- Berdenyut : iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodic
7. Mengevaluasi efektivitas iklan
1.Riset Pengaruh Komunikasi, berusaha menentukan apakah iklan berkomunikasi secara efektif. terdapat tiga metode pengujian utama:
- Metode umpan balik konsumen
- Uji portofolio
2. Riset Pengaruh Penjualan, dapat dilakukan dengan analisis data historis dan eksperimental.
- Uji lanoratorium
8. Keputusan dalam Promosi Penjualan
Mencakup tahap-tahap:
- Menentukan tujuan
- Memilih alat promosi konsumen
- Memilih alat promosi dagang
- Memilih alat promosi tenaga penjualan dan bisnis
- Mengembangkan program
- Pengujian awal, pengevaluasian
9. Hubungan Masyarakat
Masyarakat adalah semua kelompok yang memiliki minat actual potensial atau mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan
Departemen humas, yang menjalankan kegiatan hubungan masyarakt dalam perusahaan melaksanakan lima fungsi, yakni:
a. Hubungan pers
b. Publikasi produk
c. Komunikasi koorporat
d. Melobi
e. Konseling
Keputusan utama dalam humas
- Publikasi
- Acara
- Pemberian Sponsor
- Berita
- Pidato
- Kegiatan Layanan Masyarakat
- Media Identitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar