Jumat, 14 Februari 2014

Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

Tepat pada tanggal 11 Februari 2014 adalah pertemuan kedua dengan Pak Amril, dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dimana dalam pertemuan ini menjelaskan tentang "marketing"


kenapa harus belajar "marketing"?
dengan belajar marketing kita dapat:
  • fokus terhadap pelanggan, dan memiliki komitmen di dalam ber-Marketing
  • memahami dan memberikan kepuasaan kepada pelanggan sesuai dengan target pasar.
  • memberikan motivasi kepada setiap orang di dalam organisasi untuk menghasilkan nilai terbaik mengenai produk anda kepada pelanggan, yang terpenting memberikan nilai tinggi dalam kepuasan pelanggan.


Apa itu Marketing?

a social managerial process by which individuals and groups obtain what the need and what the through creating and exchanging products and value with the other.
(proses sosial manajerial yang dilakukan individu ataupun kelompok untuk memperoleh apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan untuk mengubah produk dan nilai kepada orang lain)


Apa itu produk?

produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk:
  • attention (diperhatikan)
  • acquistion (diperoleh)
  • use (digunakan)
  • comsumtion (di konsumsi)
produk juga merupakan segala sesuatu yang mungkin dibutuhkan maupun diinginkan. dalam konteks wants dan needs ini misalnya, dalam hal yang dibutuhkan makanan, makanan merupakan hal yang dibutuhkan bagi setiap orang. tetapi makanan apa yang ingin dimakan merupakan suatu keinginan bagi setiap orang. sebagai contoh A dan B membutuhkan makanan, tetapi A ingin makanan yang pedas berbeda dengan B yang ingin makanan manis.

note:
  • needs (kebutuhan) : yang harus dipenuhi.
  • wants (keinginan) : lebih kepada pilihan, yang dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian individu

produk dapat terdiri dari:
  • physical objects (objek fisik)
  • service (pelayanan)
  • person (orang)
  • places (tempat)
  • organizations (lembaga yang mengelola)
  • ideas (ide/gagasan)

produk....

Goods (tangiables) adalah segala bentuk produk yang dapat dilihat, dirasakan, disentuh secara fisik.
Services (intangibles) adalah bentuk produk berupa pelayanan sehingga tidak dapat dirasakan secara fisik.


konsep marketing yaitu:
  • value (memiliki nilai)
  • satisfiication (memuaskan diri sendiri dan orang lain)
  • quality (memiliki kualitas perbandingan antara orang lain maupun standar yang ditentukan)
  • exchange (pertukaran atau timbal balik yang didapatkan dari "marketing")
  • transaction (transaksi atau kesepakatan dalam mencapai keuntungan yang di dapat dalam melakukan marketing)
  • relationship (relasi yaitu memiliki suatu hubungan atau jaringan)


filosofi manajemen marketing yaitu:
  • production concept (konsep produksi), dimana dalam konsep ini semakin banyak produksi maka harga produksi akan semakin menurun.
  • product concept (konsep produk), dalam konsep ini lebih mementingkan kualitas produk. sehingga produk yang dihasilkan biasanya bersifat eklusif/mahal. sehingga tidak banyak orang yang dapat memilikinya
  • selling concept (konsep penjualan), dalam hal ini adalah keagresifan dalam konsep penjualan. misalnya, pembuatan iklan ataupun para personal sellling seperti para member MLM yang gencar mencari orang lain untuk join di dalam perusahaan MLM tersebut.
  • marketing concept (konsep penjualan) dalam hal ini penjualan yang dilakukan lebih bertata dan sistematis sehingga memiliki target, dan menggunakan media serta memiliki strategi dalam mempertahankan produknya.
  • social marketing concept (konsep sosial marketing), konsep ini lebih terhadap membangun image dalam suatu penjualan. misalnya: para produksi yang berkerjasama untuk memberikan manfaat kepada masyarakat umum melalui produknya, contoh dapat kita analisis dari berbagai iklan yang muncul di layar kaca, seperti: produksi sabun yang mempunyai kegiatan penjualan dengan membangun 'image' dengan gerakan cuci tangan. ataupun produk lain yang membangun 'image' dengan membersihkan stasiun kereta api , dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar